300 Ton Beras Premium Tiba di Boltim, Bupati: Diupayakan Segera Tersalurkan

0
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Boltim Kisman Mamonto memantau langsung pasokan beras yang masuk ke Boltim

TimurExpress.com, Tutuyan – Sebanyak 300 ton beras premium yang akan dibagikan ke masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tiba sore tadi, Kamis (16/4/20).

Di jemput Kepala Dinas Ketahanan Pangan Boltim Kisman Mamonto, 32.500 kg beras premium itu ditampung di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tutuyan, Kecamatan Tutuyan.

Kisman mengatakan, beras yang tiba hari ini adalah bantuan sembako tahap satu dari pemerintah daerah kepada masyarakat Boltim.

“Jadi bertahap, ini beras yang tahap pertama sekitar 32.500 kg. Ada 5 kg dan 10 kg per paketnya,” ungkapnya, saat di wawancarai sejumlah wartawan.

Lanjutnya, besok pasokan beras premium menyusul bersamaan dengan minyak goreng dan gula putih.

“Selain itu, menyusul juga ikan kaleng,” katanya.

Terpantau, sejumlah truk pengangkut beras premium yang siap membongkar muatan

Sementara, Bupati Boltim Sehan Landjar, SH saat dikonfirmasi mengatakan, penyaluran sembako paling lambat tanggal 20 April 2020.

‘’Hari ini kan baru beras yang datang, jika besok bahan lain sudah ada dan lengkap, kita segera salurkan. Rencananya, penyaluran dimulai dari Kecamatan Kotabunan,’’ terangnya, usai sosialisasi pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di Desa Atoga dan Atoga Timur, Kecamatan Motongkad dan desa-desa di Kecamatan Mooat.

Beras premium 5 kg per paket

Dirinya berharap, masyarakat mampu bersabar, karena sembako yang dipesan pemerintah daerah ini bukanlah sedikit. Selain itu, ada uang Rp600.000 yang akan diberikan ke setiap KK per bulannya selama tiga bulan dan penyaluran program Jaminan Hari Tua (JHT) bagi 3.000 lansia sebesar Rp2.000.000.

‘’Selain pejabat, semuanya dapat bantuan sembako. Ada 70 ribu jiwa yang dapat sesuai data dari desa. Nanti ada tim relawan yang tergabung diantaranya tim Gugus Tugas pencegahan Covid-19, TNI, Polri, organisasi pemuda dan wartawan yang akan menyalurkan, masyarakat tunggu saja di rumah,’’ jelas Bupati dua periode ini.

Untuk di ketahui, selain uang Rp600 ribu, sebanyak 900 ton beras premium, 100 ton gula putih, 100 ribu liter minyak goreng dan 150 ribu buah ikan kaleng akan disiapkan Pemkab Boltim untuk dibagikan ke kurang lebih 20 ribu kepala keluarga. (Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here