Akhir Tahun 2019, Pemdes Kayumoyondi Berikan Sentuhan ke Masyarakat

0

TIMUREXPRESS.COM, Tutuyan – Langkah Pemerintah Desa (Pemdes) Kayumoyondi mendapat apresiasi dari masyarakat Kayumoyondi. Pasalnya, setiap tahun Pemdes Kayumoyondi terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hari ini, Jumat (27/12/19) sebanyak 108 KK khusus petani menerima sentuhan Insektisida dan Pestisida

Sangadi Kayumoyondi melalui Sekretaris Desa Kayumoyondi Muksin Gobel mengatakan, penyaluran ini akan berlangusung selama dua hari.

‘’Karena penerima manfaat cukup banyak yakni ada sekitar 200 KK, maka hari ini kami baru menyalurkan satu paket Pestisida berupa Basmilang dan tiga paket Insektisida berupa Furadan GR, Furdan plus dan Colombus. Rencananya Senin pekan depan baru disalurkan Alsintan, bibit bawang merah, dan bibit pala,’’ terang Gobel.

Dirinya berharap, upaya pemerintah memenuhi kebutuhan masyarakat ini bisa memberikan dampak baik. Jika tanaman sehat dan hasil produksinya meningkat, pasti petaninya mampu menopang pembangunan di desa dan daerah.

‘’Setiap tahun, kami penuhi kebutuhan dengan tujuan utamanya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat. Semua penerima sudah disesuaikan dengan data desa yakni punya lahan dan tanaman,’’ ujarnya.

Iwan Paputungan, warga Desa Kayumoyondi mengapresiasi langkah pemerintah yang sudah memperhatikan masyarakat dari berbagai aspek.

‘’Tidak hanya tahun ini, tahun-tahun kemarin juga Pemerintah Desa Kayumoyondi terus memenuhi kebutuhan masyarakat, dan penyaluran pun sangat transparan karena disaksikan langsung oleh ratusan masyarakat. Dari akses jalan pertanian, bantuan ke pengusaha kecil, hingga pemberdayaan penerima manfaat seperti hari ini terus dipenuhi. Ini adalah bukti nyata perhatian pemerintah kepada masyarakat,’’ akunya.

Diakuinya lagi, apa yang telah disalurkan sangat bermanfaat bagi para petani.

‘’Saya punya kebun yang sudah diisi tanaman cengkih dan kelapa. Tentu merawat tanaman harus keluar biaya sampai ratusan ribu rupiah. Namun, berkat perhatian pemerintah, tanaman sehat dan bebas hama tanpa mengeluarkan anggaran pembelian racun rumput dan pembasmi hama,’’ pungkasnya.

Senada yang diampaikan Riima Moodompit. Warga Kayumoyondi yang memiliki tanaman cengkih dan pala ini mengucapkan rasa syukur terhadap pemerintah Desa Kayumoyondi. Dirinya mengaku senang dan bahagia setelah mendapatkan undangan untuk menerima bantuan di Kantor Desa Kayumoyondi.

‘’Saya sudah terima bantuannya. Bentuk nyata perhatian pemerintah terhadap masyarakatnya ya seperti ini. Terima kasih banyak kepada Sangadi, Sekretaris dan seluruh aparat desa karena selalu memperhatikan dan memenuhi kebutuhan kami,’’ ucapnya. (Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here