Boltim Miliki Alat Pendeteksi Gempa dan Tsunami

0

TimurExpress.com, Boltim – Perhatian Pemerintah Pusat melalui BMKG Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan melakukan pemasangan alat Warning Receiver System (WRS) untuk pendeteksi bencana gempa dan Tsunami di Kabupaten Bolaang Mongondow TImur (Boltim­) terealisasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim, Elvis Siagian mengungkapkan, saat ini perangkat dalam pemasangan dan akan di set pengoprasian.

“Perangkat ini memang telah di usulkan oleh pak Bupati ke Lembaga Pemerintah Non Kementerian BMKG agar di Kabupaten Boltim dapat dipasang alat atau perangkat pendeteksi gempa dan Tsunami. Mengingat Boltim sebahagian besar adalah wilayah pesisir yang berbatasan langsung dengan laut Maluku merupakan daerah lintasan lempengan gempa. Berdasarkan usulan pak Bupati ini, kemudian kami dari BPBD Boltim, melakukan follow up dan koordinasi ke BMKG. Alhamdulillah, WRS saat ini sedang di pasang dan diseting untuk dioperasikan,” ujarnya, Rabu (15/7/20).

Lanjut Siagian, kedepan alat ini akan kami koordinasikan dengan Dinas Kominfo untuk pemanfaatannya.

”Mengingat, apabila terjadi bencana gempa yang berpotensi Tsunami, informasi terkait dengan keadaan tersebut, segera dan cepat terinformasi ke masyarakat,” ungkapnya.

Adanya pemasangan alat pendeteksi gempa bumi dan Tsunami mendapat apresisi dari Bupati Boltim Sehan Landjar. Kata dia, bantuan ini sangat penting untuk wilayah Boltim.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat melalui BMKG provinsi terkait pemasangan WRS guna mendeteksi bencana gempa dan Tsunami di Kabupaten Boltim,” ucap orang nomor satu di Boltim ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here