Bupati Boltim Pimpin Rakor Persiapan Sambut Nataru

0
Bupati, Wabup, Ketua DPRD dan Kapolres Boltim saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

TIMUREXPRESS.COM, Tutuyan – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar pimpin Rapat Koordinasi persiapan menyambut Hari Natal 25 Desember 2019 dan tahun baru 1 Januari 2020. Bertempat di Kantor Bupati Boltim, Selasa (24/12/19).

Rakor yang dihadiri Wakil Bupati Boltim Rudsi Gumalangit, Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar, Kapolres Boltim AKBP Irham Halid, dan perwira penghubung Kodim 1303-05 Kotabunan ini untuk meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menjelang Natal dan tahun baru.

Bupati Boltim Sehan Landjar saat memberikan sambutan

Bupati Boltim Sehan Landjar dalam sambutannya mengatakan, baik buruknya bangsa ini tergantung dari diri kita sendiri.

‘’Ini adalah tahap awal ketika Polres Boltim diresmikan. Mulai hari ini dan seterusnya, kita harus mengantisipasi persoalan-persoalan yang muncul di Kabupaten Boltim, karena kita adalah penentu bagaimana bangsa ini kedepan. Negara yang besar membutuhkan keseriusan anak bangsa untuk membangun bangsa, ’’ ujar Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, pihak kepolisian wajib menjaga stabilitas serta mengantisipasi potensi kerawanan dan itu berlaku tidak hanya menjelang Nataru.

‘’Pemerintah desa dalam hal ini Sangadi dan BPD juga seharusnya punya kepekaan. Jika sudah mencium aroma konflik, maka segera bertindak, jangan selalu mengharapkan tindakan dari pihak kepolisian,’’ ucapnya.

Hal yang paling dominan sebagai pemicu konflik yaitu minuman keras.

‘’Yang paling utama di Boltim ini adalah miras. Tidak sedikit masalah yang muncul ketika seseorang atau sekumpulan orang meneguk minuman yang mengandung alkohol,’’ kata Bupati.

Ditambahkannya, bangsa ini akan jadi besar jika setiap personal memahami dan meningkatkan kesadaran terkait keamanan.

‘’Kita harus antisipasi kerawanan keributan akibat konflik horizontal agar tercipta daerah yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Boltim,’’ tukasnya.

Kapolres Boltim Irham Halid saat memberikan sambutan

Sementara, Kapolres Boltim AKBP Irham Halid dalam sambutannya menyatakan, meski baru di Boltim, namun pihaknya sudah siap mengawal dan melaksanakan kegiatan pelayanan ke masyarakat.

‘’Polres Boltim siap memberikan layanan optimal ke masyarakat. Jelang Nataru, meski ada hal-hal yang patut diantisipasi, namun menurut saya, Kabupaten Boltim masih aman, kondusif dan terkendali,’’ tutur Kapolres.

Sejumlah organisasi pemuda Islam, lanjut Kapolres, juga siap membantu mengawal suadara-saudara umat kristiani saat melaksanakan ibadah Natal dan tahun baru.

‘’Organisasi pemuda Islam sudah menyatakan siap menjaga keamanan dan kenyamanan umat kristiani saat beribadah Natal dan pergantian tahun,’’ ungkapnya.

Kapolres Boltim saat di jemput dengan adat Bolaang Mongondow

Kapolres menambahkan, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tidak hanya menjelang Nataru.

‘’Guna mendekatkan dan memaksimalkan layanan ke masyarakat, sudah didirikan beberapa pos keamanan di tiap-tiap kecamatan dan di sejumlah desa. Kita adalah pelayan yang harus melayani masyarakat dengan baik, dan itu sudah menjadi tugas dan tanggungjawab,’’ pintanya.

Untuk diketahui, Kapolres Boltim disambut dengan tarian adat Bolaang Mongondow yaitu Tari Kuitan yang selanjutnya Kapolres mengikuti Rakor persiapan menyambut Hari Natal dan tahun baru. (Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here