Diskominfo Boltim Sosialisasi Cegah Virus Corona di 3 Kecamatan

0
Kepala Diskominfo Boltim Drs. M. Hamdi Egam

TimurExpress.com, Tutuyan – Sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi dengan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar, SH beberapa waktu lalu, pemerintah kabupaten melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Boltim gelar sosialisasi dan sampaikan imbauan penanggulangan pencegahan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19), Senin (30/3/20).

Kepala Diskominfo Boltim saat di konfirmasi melalui via seluler mengatakan, sudah ada beberapa desa proaktif tentang pencegahan penyebaran Covid-19, akan tetapi masih banyak juga desa bahkan kecamatan yang belum maksimal menyampaikan imbauan yang bersifat edukasi pencegahan.

‘’Sehingga itu pemerintah daerah melalui Diskominfo Boltim dan Satgas tetap melaksanakan sosialisasi dan edukasi di tiga kecamatan yakni Kecamatan Kotabunan, Tutuyan dan Motongkad sampai masyarakat paham dan tidak menganggap remah pandemi Covid-19 ini,’’ terang Egam.

Tim Diskominfo Boltim dalam persiapan sosialisasi pencegahan penyebaran Coronavirus di Kecamatan Kotabunan, Tutuyan dan Motongkad

Lanjut Egam, imbauan pemerintah dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 yakni sering cuci tangan pakai sabun atau Hand Sanitizer, hindari kontak langsung dengan orang lain, jaga jarak minimal 1.5 meter dan hindari kerumunan orang, tetap tinggal di rumah dan jangan keluar apabila tidak ada keperluan yang sangat mendesak, mengkonsumsi gizi yang seimbang, perbanyak makan sayur dan buah, gunakan masker bila batuk dan pilek, rajin olah raga di rumah.

‘’Jika ada timbul gejala demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan seperti asma, sakit tenggorokan, rasa letih dan lesu, segera menghubungi pelayanan kesehatan terdekat melalui kontak center Diskomifo (0821-8944-7567) dan Dinas Kesehatan Boltim (0821-8733-8812),’’ ucapnya.

Selain itu tambah dia, Pemda Boltim akan berusaha menanggulangi kebutuhan masyarakat akibat pembatasan keluar rumah, berupa pemberian beras dan kebutuhan lainya dari kurang lebih 10.000 KK yang berpendapatan rendah berdasarkan data dari Sangadi dan Camat setempat.

‘’Sekarang ini tim anggaran pemda sedang marasionalisasi anggaran untuk kebutuhan diatas tentunya dengan mengacu kepada peraturan yang berlaku,’’ tuntasnya.

Sebelumnya, Bupati Boltim Sehan Landjar, SH mengharapkan agar semua pihak turut berpartisipasi terhadap percepatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang sedang mewabah saat ini, dan kepada masyarakat di imbau agar mentaati protokol kesehatan yang di sampaikan pemerintah pusat sampai pada pemerintah kabupaten bahwa jangan menganggap remeh tetapi jangan juga panik karena bisa mengurangi imunitas tubuh sehingga menyebabkan virus mudah berkembang, mencegah lebih baik daripada mengobati. (Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here