Gempa dengan Magnitudo 7.4 Buat Panik Warga Boltim

0

TIMUREXPRESS.COM, Tutuyan – Gempa dengan Magnitudo 7.4 yang mengguncang wilayah Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut) tepat pukul 00.20 wita pada Jumat (15/11/19) membuat masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bagian pesisir pantai merasa panik.

Pantauan wartawan TIMUREXPRESS.COM, sejumlah titik pengungsian yang berada di dataran tinggi dipenuhi masyarakat. Salah satunya di halaman Kantor Bupati Boltim.

Menurut info dari BMKG, pusat gempa berada di koordinat 1,63 derajat Lintang Utara dan 126,49 derajat Bujur Timur. Jarak pusat gempa sekitar 134 kilometer sebelah barat laut Jailolo, Malut. Kedalamannya mencapai 10 kilometer. Dan daerah yang berpotensi Tsunami berdasarkan permodelan BMKG yakni Halmahera dan Kota Ternate (Malut), serta Kota Bitung (Sulut) berstatus waspada.

Yanto Mayo, salah satu warga Desa Tutuyan II, Kecamatan Tutuyan, Boltim mengatakan, dirinya beserta keluarga merasa sangat panik saat merasakan gempa yang cukup kuat.

‘’Setelah mendengar informasi dari BMKG bahwa ada potensi Tsunami di Kota Bitung, kami segera mengungsi ke  Kantor Bupati, sebab disini tinggi, di atas gunung. Meskipun terbilang Kota Bitung jauh dari Boltim, namun kita harus berikhtiar,’’ aku Mayo dengan nada tegang. (Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here