Gugus Tugas Desa Tombolikat Dampingi Penyaluran BST oleh Pos Kotamobagu

0
Sangadi Tombolikat, Muhammad Nur Alheid saat mendampingi PT. Pos Kotamobagu dan Dinas Sosial Boltim dalam penyaluran BST di rumah penerima

TimurExpress.com, Tutuyan – Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Desa Tombolikat, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dampingi PT. Pos Kotamobagu dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI ke masyarakat penerima di Tombolikat.

Penyaluran yang berlangsung di Kantor Desa Tombolikat itu, di mulai pada pukul 02.00 wita. Demikian di sampaikan Ketua Gugus Tugas Desa, Muhammad Nur Alheid yang juga selaku Sangadi Tombolikat kala di wawancarai wartawan ini siang tadi, Jumat (12/6/20).

‘’Karena penyaluran oleh PT. Pos Kotamobagu untuk Kecamatan Tutuyan di mulai dari Desa Dodap bersatu, sehingga kami Pemerintah Desa Tombolikat bersama masyarakat penerima BST harus pasrah menunggu giliran hingga dini hari,’’ tuturnya.

Penyaluran BST di Kantor Desa Tombolikat

Di Tombolikat sendiri, lanjut Sangadi, ada 27 kepala keluarga (KK) yang menerima BST.

‘’Ada beberapa juga yang kita usulkan selain 27 KK, namun tidak keluar namanya. Kendati demikian, Alhamdulillah masyarakat saya bisa terbantukan dengan adanya BST ini,’’ ujarnya, menambahkan ada 4 KK penerima yang tidak sanggup menerima langsung BST di kantor desa, disambangi dan disalurkan langsung ke rumah masing-masing penerima.

Dirinya menegaskan kepada para penerima BST agar mampu bekerjasama dengan pemerintah dengan mengikuti anjuran Bupati Boltim.

‘’Penyaluran yang dipaksakan hingga dini hari, itu lantaran desakkan Pak Bupati kepada instansi terkait juga PT. Pos Kotamobagu dengan tujuan agar masyarakat bisa segera memanfaatkan dana tersebut untuk keperluan sehari-hari,’’ terangnya.

Antusias Dinas Sosial Boltim dan PT. Pos Kotamobagu saat penyaluran BST

‘’Maksud dari pemanfaatan BST itu, bukan untuk dibelanjakan sesuka hati membeli atau menggunakan di hal-hal yang kurang penting. Intinya, dana BST atau BLT DD diperuntukkan buat membeli sembako selama pandemic serta kepentingan kesehatan,’’ sambung Sangadi.

Sebab, lanjut Sangadi, bagi penerima BST dan BLT DD tidak lagi menerima stimulan dari pemerintah daerah.

‘’Sesuai intruksi Bupati Boltim, penerima BST dan BLT DD tidak mendapatkan lagi bahan pangan. Kecuali PKH dan BPNT,’’ jelasnya.

Pria yang biasa disapa Aba Nu’ ini memberikan apresiasi kepada Bupati Boltim dengan tindak lanjut dari Dinas Sosial dan PT. Pos Kotamobagu karena sudah melaksanakan penyaluran tanpa mengenal lelah.

‘’Melihat antusias Dinas Sosial dan petugas Pos yang hingga dini hari terus bekerja demi masyarakat, saya mewakili seluruh aparat desa Tombolikat menyampaikan banyak terima kasih. Juga kepada pemerintah kecamatan, pendamping desa, dan anggota Polres Boltim yang sudah turut mendampingi penyaluran BST,’’ pungkasnya. (Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here