Himpun Asmara di 4 Kecamatan, Reses DPRD Boltim Dapil I Selesai

0

TIMUREXPRESS.COM, Nuangan – Setelah sebelumnya telah menggelar Reses masa sidang pertama tahun 2020 Dapil I di Kecamatan Kotabunan, Tutuyan dan Motongkad, siang tadi, Kamis (23/1/20) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) lakukan penyerapan aspirasi masyarakat di Kecamatan Nuangan. Bertempat di Kantor Kecamatan Nuangan.

Pantauan media ini, lapisan masyarakat se Kecamatan Nuangan antusias mengikuti Reses.

Pada kesempatan itu, Camat Nuangan Sinyo Mamonto dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh peserta Reses bahwa, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penyampaian kebutuhan-kebutuhan masyarakat kepada anggota DPRD.

Camat Nuangan saat membuka Reses DPRD Boltim masa persidangan pertama Dapil I tahun 2020

‘’Disinilah wadahnya. Sampaikan aspirasi dan kebutuhan bapak ibu sekalian kepada DPRD. Jangan sampai berbicara dibelakang hari namun bukan pada forum resmi seperti ini. Dan semoga apa yang diusulkan masyarakat se Kecamatan Nuangan agar bisa ditindaklanjuti sesuai kebutuhan,’’ tutur Mamonto membuka acara Reses.

Anggota DPRD Boltim Sunarto Kadengkang pada kesempatan itu menerangkan, Reses kali ini telah menghadirkan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Kata dia, apa yang belum terakomodir, agar disampaikan hari ini.

DPRD Dapil I Boltim saat menyerap Aspirasi Masyarakat Kecamatan Nuangan

‘’Disini juga saya mengingatkan kepada seluruh peserta Reses, bahwa forum ini bukan untuk adu argument, jangan sampai berdebat. Sampaikan aspirasi anda secara sopan dan santun,’’ ucap Kadengkang.

Ia menambahkan, tujuan dari acara ini agar DPR bisa bersinergi dengan masyarakat. Tujuan akhir dari semua ini adalah untuk mengasilkan sistem pelayanan dan pelaksanaan yang baik sesuai dengan undang-undang.

‘’Wajib hukumnya untuk melaksanakan Reses. Kenapa kami lakukan? Karena tidak semua masyarakat dapat mendatangi Gedung DPRD. Sehingga itu kami turun menyerap, menampung, menindaklanjuti serta mempertanggungjawabkan secara moral apa yang hari ini bapak dan ibu sampaikan. Semua tergantung dari kita semua bagaimana memajukan daerah melalui sumber dana yang ada,’’ jelas Kadengkang.

Saat dimana masyarakat dari salah satu desa di Kecamatan Nuangan tengah menyampaikan aspirasinya di depan DPRD Boltim Dapil I

Senada yang di sampaikan Wakil Ketua II DPRD Boltim Muhammad Jabir. Kata dia, Reses ini adalah agenda DPR.

‘’Sehingga itu, apa yang akan disampaikan, kami siap menerima, menampung dan menindaklanjuti aspirasi, saran dan kebutuhan bapak ibu sekalian,’’ pintanya.

Anggota DPRD Boltim Sofyan Alhabsy juga pada kesempatan itu menerangkan bahwa, Reses hari ini untuk pembangunan tahun 2021.

‘’Banyak pembangunan fisik yang dibangun di Kecamatan Nuangan tahun ini. Itu adalah hasil tindak lanjut Reses sebelumnya,’’ ungkapnya.

Usai penyampaian oleh ketiga Aleg Boltim itu, dilanjutkan dengan penyerapan aspirasi masyarakat.

Peserta Reses se Kecamatan Nuangan

Sangadi Jiko Belanga Riman Manuho mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan aspirasi. Dalam aspirasinya, Manuho berharap dapat ditindaklanjuti oleh pihak DPRD.

Penyerapan aspirasi masyarakat terus berlanjut hingga pukul 18.00 Wita. Terpantau, seluruh Sangadi se Kecamatan Nuangan mendapatkan kesempatan menyampaikan aspirasi. Dilanjutkan dengan BPD, para Kaur, Tokoh Pemuda, Kepala Sekolah, dan seluruh lapisan masyarakat yang hadir saat itu.

Di penghujung acara, usulan-usulan serta keluhan dari peserta Reses langsung dijawab oleh masing-masing instansi terkait yang hadir pada kesempatan itu. (Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here