Pemdes Togid Mulai Lakukan Penanaman Mangrove

0

TIMUREXPRESS.COM, Tutuyan – Pemerintah Desa Togid, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), pada Minggu, 8 Desember 2019 mulai lakukan penanaman bibit pohon Mangrove.

Dibantu sejumlah anggota dari Komunitas Pencinta Alam (KPA) Ibantong Togid, penanaman itu dimulai dari pinggiran Danau Bunong. Kegiatan itupun berlangsung hingga hari ini, Senin (9/12/19).

Informasi yang dirangkum jurnalis TIMUREXPRESS.COM, pemeliharaan lingkungan ini dilangsungkan di tiga titik. Demikian yang disampaikan Sangadi Togid Adi Makalunsenge beberapa waktu lalu.

‘’Kita akan tanam Mangrove di 3 lokasi, yaitu bibir pantai untuk mencegah abrasi atau pengikisan pantai, pinggiran dan muara Danau Bunong untuk melestarikan biota air tawar. Bibit kita sediakan sebanyak 3000 pohon Mangrove berbagai jenis,’’ terang Makalunsenge.

Kemarin dan hari ini, lanjut Makalunsenge, khusus penanaman dilokasi pinggiran Danau Bunong.

‘’Untuk muara dan pinggiran pantai nanti akan ditetapkan lagi waktunya, yang pasti bulan Desember ini. Kita atur waktu karena sekaligus akan dilakukan pembersihan pinggiran pantai sebelum penanaman,’’ tukasnya.

Ketua KPA Ibantong Togid melalui Pembina, Saiful Boroma mengapresiasi langkah Pemdes Togid.

‘’Tentunya sangat mendukung serta berterima kasih kepada pemerintah desa karena penghijauan ini adalah salah satu program KPA setelah konservasi terumbu tarang yang ada di sekitaran Pulau Bantong,’’ tutur Boroma, sembari berharap program tersebut akan berkesinambungan ditahun- tahun berikutnya. (Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here