Pemdes Tutuyan Cegah Pandemi Covid-19 dengan Cairan Disinfektan

0

TimurExpress.com, Tutuyan – Pemerintah Desa Tutuyan, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) malakukan upaya pencegahan penyebaran pandemi Virus Corona (Covid-19) dengan menyemprotkan cairan disinfektan di rumah-rumah warga dan fasilitas umum, Senin (30/3/20).

Penyemprotan cairan disinfektan ini di pimpin langsung oleh Sangadi Tutuyan Bruri Paputungan. Saat di konfirmasi wartawan ini, dirinya mengatakan, upaya pemerintah desa dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan cara menyemprotkan disinfektan pada fasilitas-fasilitas umum dan rumah warga.

Selain itu dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat Tutuyan agar mentaati protocol kesehatan yang di sampaikan pemerintah pusat, provinsi, daerah dan desa.

‘’Jangan menganggap remeh tetapi jangan juga panik karena bisa mengurangi sistem imunitas tubuh sehingga menyebabkan virus mudah berkembang, mencegah lebih baik daripada mengobati,’’ ujar Ade, sapaan akrabnya.

‘’Sering cuci tangan pakai sabun atau Hand Sanitizer, hindari kontak langsung dengan orang lain, jaga jarak minimal 1.5 meter dan hindari kerumunan orang, tetap tinggal di rumah dan jangan keluar apabila tidak ada keperluan yang sangat mendesak, mengkonsumsi gizi yang seimbang, perbanyak makan sayur dan buah, gunakan masker bila batuk dan pilek, rajin olah raga di rumah,’’ terang Ade.

Apabila muncul gejala-gejala tidak biasa atau gejala Covid-19, tambah Ade, diharapkan masyarakat segera memeriksakan diri ke pihak kesehatan.

‘’Jika mengalami demam disertai batuk, pilek, gangguan pernapasan seperti asma, sakit tenggorokan, rasa letih dan lesu, segera menghubungi pelayanan kesehatan terdekat melalui kontak center Dinas Kesehatan Boltim (0821-8733-8812),’’ ucapnya. (Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here