Penyusunan RDTR, Kadengkang: Usaha Sarang Walet Bisa Tingkatkan PAD

0

TIMUREXPRESS.COM, Tutuyan – Anggota Legislatif Komisi II Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sunarto Kadengkang menyebut, usaha sarang burung walet bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini dikatakannya saat di wawancara jurnalis TIMUREXPRESS.COM, di acara Konsultasi Publik II penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Bertempat di BPU Tutuyan II, Kecamatan Tutuyan, Rabu (11/12/19).

‘’Perkembangan penyusunan tata ruang di Kabupaten Boltim, yang pertama atas permohonan pemerintah daerah ternyata sudah disetujui oleh pemerintah pusat. Jadi, berdasarkan peraturan Presiden tentang tata ruang tentu yang kita lakukan adalah pengkajian peta wilayah di tiap kecamatan. Begitu pesatnya pembangunan di masing-masing wilayah, maka ada beberapa kawasan yang harus direvisi antara lain kawasan pertanian yang sudah menjadi areal pembangunan dan pemukiman,’’ jelasnya.

Meski tergolong rumit, tambah Kadengkang, namun harus dilakukan karena Boltim adalah daerah yang sementara membangun.

‘’Saya berharap, karena pembangunan sudah jalan, semisal bangunan sarang burung walet, itu pemerintah daerah tidak bisa terbitkan izin usaha lantaran masuk pada kawasan yang belum direvisi. Jika sudah direvisi, maka sudah ada retribusi ke daerah dan PAD akan meningkat,’’ tukasnya. (Chimo)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here