Pilkada Boltim 2020, DPW PAN Sulut Belum Pastikan Cakada

0
Ketua DPW PAN Sulut, Sehan Landjar, SH

TimurExpress.com, Boltim – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Utara (Sulut) belum memastikan calon kepala daerah (cakada) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tahun 2020.

Jelang tahapan, sikap DPW PAN Sulut hingga saat ini, masih menunggu DPD PAN Kabupaten Boltim mengusulkan nama-nama yang mendaftar.

‘’Sikap saya sebagai Ketua DPW PAN Sulut masih menunggu hasil dari DPD PAN Boltim untuk dikirimkan ke DPP. Mudah-mudahan dalam waktu dekat,’’ ujar Bupati Boltim, Sehan Landjar, kala di wawancara wartawan ini, Senin (15/6/20).

‘’Kita belum sama sekali memastikan calon. Karena mekanisme partai harus dijalankan walaupun selaku Ketua DPW, saya tetap harus menunggu dari DPD karena mereka (DPD-red) yang melakukan penjaringan calon kepala daerah,’’ sambungnya.

Lanjut Landjar, terkait tahapan Pilkada, tugas pertamanya adalah berkoordinasi dengan pihak penyelenggara (KPU-red) tentang regulasi PKPU tentang pelaksanaan Pilkada.

‘’Secara umum sudah diketahui, sesuai Perpu 1 dan Perpu 2, itu pelaksanaannya tetap dilaksanakan tahun 2020 ini, pada tanggal 9 Desembe nanti. Namun sampai sekarang, saya dengar sudah turun PKPU Nomor 5, dan tentunya kita akan mendengarkan KPU menyampaikan kepada pihak pemerintah tentang pelaksanaannya,’’ ucapnya.

Ada beberapa hal, tambah dia, yang menjadi perubahan di PKPU perlu diketahui pemerintah.

‘’Karena pemerintah wajib memfasilitasi dan membantu penyelenggara dalam pelaksanaan Pilkada di masa pandemic Covid-19. Karena ini tentunya mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda dengan masa-masa normal,’’ pungkas Eang, sapaan akrab Bupati Boltim. (Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here