Raih WTP Selama 7 Tahun, Landjar: Itu Bukan Prestasi Tapi Kewajiban

0

TimurExpress.com, Boltim – Meski Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 7 kali berturut-turut selama tujuh tahun, namun Bupati Boltim, Sehan Landjar, SH menyebut, hal itu bukanlah prestasi melainkan kewajiban setiap daerah.

Demikian di sampaikannya usai agenda penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 serentak oleh BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) untuk kabupaten/kota se Sulut, pada Senin (11/05/20). Bertempat di lantai tiga kantor Bupati Boltim.

Kegiatan yang diselenggarakan via daring dengan aplikasi Zoom ini diikuti oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Ketua DPRD se Sulut, serta Kepala Daerah se Provinsi Sulut.

“Seluruh entitas di Provinsi Sulut ini telah menyerahkan LKPD an Audited tepat waktu tanggal 12 Maret 2020 setelah dilakukan pemeriksaan intern selama 30 hari,’’ kata Karyadi, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulut saat mengawali sambutannya.

Ia menyampaikan, BPK selalu berkomitmen dalam bekerja untuk kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Provinsi Sulut. Dirinya berharap, setelah LHP atas LKPD diserahkan, dapat segera ditindaklanjuti dan dipergunakan sebagai bahan evaluasi bagi eksekutif dan DPRD yang berperan sebagai fungsi kontrol.

‘’LHP BPK merupakan dokumen publik untuk dipergunakan dan diinformasikan ke publik sehingga manfaat hasil pemeriksaan BPK dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,’’ ujar Karyadi.

Berdasarkan LHP atas LKPD tahun anggaran 2019 oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Sulut sebanyak 14 Pemerintah Kab/Kota memperoleh opini WTP.

Bagi Pemerintah Kabupaten Boltim, opini WTP tahun 2020 adalah yang ke 7 kali berturut turut.

‘’Sedangkan 1 kabupaten yakni Bolaang Mongondow (Bolmong) memperoleh opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian-red) setelah sebelumnya pada tahun anggaran 2018 lalu memperoleh opini TMP (Tidak Memberikan Pendapat-red). Dengan demikian perolehan opini atas LKPD tahun 2019 mengalami peningkatan,’’ ungkap Karyadi.

Gubernur Olly Dondokambey, dalam sambutan penutup mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran karena LKPD tahun anggaran 2019 se-Provinsi Sulut selesai tepat waktu.

Gubernur menambahkan, hasil pemeriksaan BPK sudah sangat memuaskan bagi 15 Kab/Kota se-Provinsi Sulut. Ia berharap, tahun depan semua kabupaten/kota memperoleh peringkat WTP.

‘’Saya juga berharap, Pemerintahan di Provinsi Sulut melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam sistem keuangan pemerintah,’’ tukasnya.

Setelah acara pengumuman dan penyerahan opini selesai, Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar, SH menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah dan Inspektur Daerah beserta jajaran agar segera menindaklanjuti temuan SPI dan temuan kepatuhan sesuai dengan waktu yang telah di berikan.

Seperti pada tahun tahun sebelumnya, Sehan Landjar selalu menyampaikan kepada segenap jajaran pemerintah daerah bahwa opini WTP bukankanlah suatu prestasi akan tetapi adalah suatu kewajiban pemerintah dari pusat sampai daerah untuk mewujudkannya.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati, ketua dan wakil ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Asisten dan seluruh kepala OPD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. (ADVETORIAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here