SSB Manguni Membentuk ‘Pondasi’ Melalui Pelatihan Dasar

0

TIMUREXPRESS.COM, Langowan – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Seni Budaya (SSB) Manguni Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Negeri Manado (UNIMA) mengadakan Pelatihan Dasar bagi pengurus, anggota, dan calon anggota sanggar. Kegiatan ini dilangsungkan di perkebunan Desa Ampreng, Langowan Barat, Kabupaten Minahasa, 15-17 November 2019.

Kalfein Wuisan, pembina UKM SSB Manguni menegaskan soal pentingnya diadakan kegiatan pelatihan dasar ini.

“Kegiatan ini memang harus dilakukan karena mengingat kebutuhan mahasiswa saat ini yang membutuhkan bekal penting. Selain pengembangan akademik, mereka juga harus mendapatkan pengembangan soal wawasan seni, termasuk juga wawasan budaya. Kegiatan ini sangat penting karena memberi materi fondasi untuk mengembangkan dan memajukan UKM SSB Manguni,” tutur Wuisan.

Pernyataan Wuisan juga dipertegas Bode Talomewo, sejarawan yang menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan.

“Materi yang ada sudah bagus bagi kegiatan awal karena sudah mencakup beberapa materi yang bagus sebagai pengenalan awal. Ada beberapa materi yaitu sejarah Minahasa, teknik-teknik jurnalistik, kalelon, kabasaran, makaaruyen, dan lain sebagainya. Materi-materinya cukup menantang bagi anggota-anggota sanggar,” ujar Talumewo.

Merespon kegiatan ini, nada positif ikut diungkapkan Amored Pangaeng, salah satu pemateri yang hadir dalam pelatihan tersebut.

“Sementara yang laeng ta enak-enak di kos, tidor, beking tugas, ngoni memilih jalan ini. So mantap,” ucapnya. (*Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here