Tampilkan Maskot, KPU Boltim Launching Pilkada Tahun 2020

0
Foto: Ketua KPU Boltim, Komisioner KPU RI, dan Ketua KPU Provinsi duduk sebangku menyaksikan prosesi Launching Pilkada tahun 2020

TIMUREXPRESS.COM, Tutuyan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Launching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boltim tahun 2020. Berlokasi di Taman Pondabo Tutuyan, Kecamatan Tutuyan, Boltim, Selasa (18/2/20).

Menariknya, Launching tersebut di hadiri oleh Komisioner KPU RI Ilham Saputra yang diketahui perdana bertandang ke Boltim. Ilham Saputra juga membuka dan memperkenalkan maskot KPU Boltim yakni Si Bolang dan Si Awang.

Komisioner KPU RI Ilham Saputra dan Komisioner KPU Boltim Abdul Kader Bachmid saat membuka dan memperkenalkan maskot KPU Boltim yakni Si Bolang dan Si Awang

Pantauan jurnalis TimurExpress.com, KPU Boltim, KPU RI, KPU Provinsi dan para undangan memukul alat tradisonal Tetengkoren dan menyalakan obor pertanda KPU siap melaksanakan serta mensukseskan seluruh tahapan Pilkada 2020.

Pemukulan alat tradisioanl Tetengkoren pertanda KPU siap melaksanakan tahapan Pilkada 2020

Ilham Saputra dalam sambutannya mengatakan, Launching adalah memulai sebuah tahapan kegiatan seperti malam ini yang dilaksanakan KPU Boltim.

‘’KPU Boltim sendiri sudah melewati beberapa tahapan pada Pilkada tahun 2020 ini semacam perekrutan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan, red) yang selanjutnya perekrutan PPS (Panitia Pemungutan Suara, red). Pada prinsipnya, ini adalah Pilkada serentak terakhir dalam undang-undang (UU) 1 2015 di revisi menjadi UU 8 2015 dan di revisi kembali menjadi UU 10 2016,’’ terang Saputra.

KPU Boltim siap sukseskan Pilkada Boltim tahun 2020 ditandai dengan menyalakan obor berbentuk angka 23-09-20 yang tidak lain adalah tanggal dan bulan pada tahapan pemilihan kepala daerah tahun 2020

Sebelumnya, lanjut Saputra, KPU melaksanakan Pilkada pada tahun 2015, 2017, 2018 dan 2020.

‘’Ini adalah rangkaian dari Pilkada yang di atur dalam undang-undang Pilkada. Kami penyelenggara pemilu siap melaksanakan tahapan Pilkada ini tentu harus disupport atau dibantu oleh semua elemen baik masyarakat, forkopimda, maupun juga dari Bawaslu. Karena kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan atau kerjasama dari masyarakat umum dan pihak-pihak terkait yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada,’’ ujarnya.

Pada prinsipnya, tambah dia, pihak KPU sangat terbuka terhadap informasi-informasi terkait dengan penyelenggaraan tahapan Pilkada pada tahun 2020 ini.

‘’Misalnya saja kalau bapak ibu sekalian mau meminta informasi kepada kami terkait tahapan Pilakada, baik perekrutan PPK dan PPS, bisa datang ke kantor KPU Boltim. Siapa tahu ada yang ingin menjadi bagian dari KPU atau penyelenggara pemilu,’’ pinta Saputra.

Sebelumnya, Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Iroth dalam sambutannya mengatakan, pertama dalam sejarah di Kabupaten Boltim saat melaksanakan kegiatan dan di hadiri langsung oleh Komisioner KPU RI.

‘’Ini adalah yang pertama. Terima kasih Bapak Ilham Saputra yang sudah hadir di Tutuyan, Boltim, karena ini perdana sehingga kami merasa bangga, ini adalah sebuah kehormatan bagi KPU Boltim. Demikian dengan KPU Provinsi yang sudah hadir full personil, ini juga merupakan suatu kehormatan buat kami karena sudah bersedia mengikuti seluruh rangkaian Launching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boltim tahun 2020,’’ ucap Jamal.

Senada yang dikatakan Komisioner KPU Boltim Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Abdul Kader Bachmid saat tampil menyapa para tamu. Kata dia, suatu kebanggaan yang tidak dapat diungkapkan, Bapak Ilham Saputra bisa menginjakkan kaki di tanah Boltim. Terima kasih juga kepada pimpinan KPU Provinsi dan teman-teman KPU di 15 kabupaten/kota se Sulut karena sudah menyempatkan diri untuk hadir di Launching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boltim tahun 2020.

‘’Semoga harapan kita kedepan, Pilkada yang benar-benar diharapkan akan terwujud di tanah Boltim dan melahirkan Bupati dan Wakil Bupati saat pemilihan kepala daerah tepat pada tanggal 23 September 2020 nanti,’’ pungkas Bachmid.

Turut hadir, Bupati Boltim yang di wakili Asisten I Priyamos, Kaban Kesbangpol Boltim Udel Simbala, Wakapolres Boltim Kompol Mohammad Sjafri Monoarfa, Pimpinan Bawaslu Boltim Haryanto, sejumlah Komisioner KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota se Sulut, anggota DPRD Boltim Sofyan Alhabsyi, perwira penghubung mewakili Dandim, Camat dan para Sangadi, serta masyarakat. (ADVETORIAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here