Transparan, Pemdes Tombolikat Pampang Daftar Penerima Hak Rakyat

0
Foto: Sangadi Tombolikat bersama tim gugus tugas desa saat melaksanakan tempel data penerima hak rakyat

TimurExpress.com, Tutuyan – Keterbukaan informasi terkait penyaluran hak rakyat selama pandemic Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Tombolikat, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pampang nama-nama penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Bantuan Sosial Tunai (BST) Jaminan Hari Tua (JHT), Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta bahan pangan di warung-warung warga, toko mini, juga pada papan informasi desa.

Sangadi Tombolikat, Muhammad Nur Alheid kala di wawancarai wartawan ini mengatakan, daftar penerima sengaja dipampang di warung dan toko warga bertujuan agar masyarakat bisa dengan mudah melihat langsung nama-nama penerima entah sosial tunai atau sejumlah bahan pokok.

‘’Daftar penerima BLT DD, BST, JHT, PKH dan bahan pangan kami tempel di warung-warung dan toko mini milik warga. Apabila ada masyarakat yang ingin mengetahui siapa saja penerima hak rakyat selama pandemi, bisa dengan mudah langsung mengecek di warung sekitarnya. Jika tidak, bisa langsung lihat di papan informasi desa. Dan apabila masih ada yang kurang paham, jangan curhat di media sosial, silahkan tanyakan langsung ke gugus tugas desa. Kami siap melayani,’’ terangnya, Jumat (5/6/20).

Sangadi Tombolikat dan perangkat desa foto bersama dengan pemilik toko mini

Ketua gugus tugas desa ini melanjutkan, penyaluran hak rakyat tahap dua ada perubahan.

‘’Penerima sosial tunai entah itu BLT, BST, JHT dan PKH, di tahap I tidak mendapatkan lagi bahan pangan di tahap II. Pemdes hanya mengikuti prosedur dari pemerintah daerah tentang yang berhak menerima bahan pangan,’’ ungkapnya.

Tambah Alheid, sesuai anjuran Bupati Boltim, pihaknya telah mendata sejumlah masyarakat luar daerah yang ada di Boltim dan tidak bisa pulang ke daerah asalnya.

‘’Ada sekitar 8 KK penduduk dari luar daerah juga kami berikan bahan pangan. Kita juga akan ambil dokumentasi berupa foto dan video,’’ ucapnya.

‘’Untuk penerima yang tidak sanggup menerima hak rakyat dikarenakan sakit atau berhalangan lainnya, akan disalurkan langsung di rumah yang bersangkutan oleh tim gugus tugas desa dan instansi terkait,’’ sambungnya.

Karena kuncinya, lanjut dia, suksesnya kegiatan ini atas kerjasama antara pemerintah daerah, pemdes, TNI dan Polri.

‘’Saya juga mengajak seluruh masyarakat Tombolikat mengawal pengelolaan dana desa dengan cara transparansi pemdes,’’ pungkasnya. (Chimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here